Cara Melaporkan Penipuan Online Phising Yang Dialami

Estimated read time 4 min read

Jaman yang terus berkembang membuat banyak profesi yang perlu menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Termasuk juga bagi penipu yang sekarang ini mempunyai metode penipuan yang bisa digunakan untuk menjerat korbannya secara online. Dengan menggunakan data dan perangkat elektronik yang cukup bisa cukup untuk memakan korban, sehingga membuat korbannya bisa mengalami kerugian dari yang kecil hingga besar. Salah satu penipuan online yang bisa dialami oleh pengguna internet adalah phising yang sudah dikenal dan banyak yang sudah menjadi korbannya. Untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu phising, cirinya, cara melaporkan penipuan online phising serta cara menghindarinya akan dijelaskan lengkap di bawah ini.

Phising sendiri merupakan salah satu metode penipuan online yang menggunakan platform online. Sehingga calon korbannya akan menerima email palsu yang tersamarkan karena mempunyai alamat email yang hampir mirip dengan alamat email yang dipunyai oleh korporasi atau organisasi. Pengiriman email palsu tersebut mempunyai tujuan untuk dapat menipu korban sehingga akan bisa mengklik tautan yang dikirimkan. Email palsu tersebut berisi mengenai hal yang dibutuhkan, sehingga tidak jarang membuat korbannya lengah dan mengklik link yang disematkan dalam link palsu tersebut.

Jenis penipuan phising ini sendiri sudah banyak digunakan dari jaman dulu. Bahkan phising ini merupakan metode penipuan yang sudah dikenal sejak 1990-an dan dianggap sebagai jenis penipuan paling merusak. Penipuan phising ini akan bisa membuat korban mengalami kerugian apabila lengah karena memang menggunakan metode penipuan yang menggunakan email yang hampir sama dengan alamat aslinya. Sehingga apabila tidak berhati-hati, Anda bisa menjadi salah satu korban dari penipuan phising ini. Ketika menjadi korban phising tentunya akan mengalami banyak kerugian sehingga bisa untuk meneruskannya dengan cara melaporkan penipuan online untuk menghindari korban yang lebih banyak lagi.

Agar bisa menghindari menjadi korban penipuan online dengan metode phising, Anda bisa mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Sehingga apabila menjadi incaran para penipu yang menggunakan metode ini, Anda bisa lebih aware dan dapat menghindari penipuan phising ini. Beberapa ciri yang perlu diperhatikan agar bisa menghindari penipuan online phising ini adalah berikut ini :

Cara Melaporkan Penipuan Online Phising Yang Dialami

  • Ciri yang pertama adalah dengan mengenal tujuannya yaitu bisa mendapatkan informasi yang sensitif yang dipunyai. Anda akan diarahkan ke website atau aplikasi yang bisa mencuri data yang penting seperti password dan username yang terhubung hingga ke akun bank, kartu kredit, dan lainnya.
  • Ciri selanjutnya adalah dari penipu yang berpura-pura menjadi orang yang membantu memberikan layanan untuk Anda. Phising yang paling sering dijumpai adalah dengan pelaku berpura-pura menjadi customer service yang mengarahkan untuk mengisi data sensitif. Sehingga hal tersebut akan membuat lebih mudah mendapatkan data yang dibutuhkan untuk kemudian menguras saldo yang dipunyai.
  • Ciri lainnya yaitu dengan meminta informasi yang penting seperti username dan sandi yang sebenarnya bersifat pribadi dan tidak boleh diberitahukan pada orang lain untuk keamanan.
  • Ciri selanjutnya adalah email yang memberikan tautan dengan mengunduh file tertentu.
  • Ciri lainnya yaitu dengan penawaran yang menggoda tetapi tidak masuk akal dengan diskon dan hadiah yang besar.
  • Ciri lainnya juga dalam komentar yang diarahkan ke link tertentu dan perlu memasukkan sandi.

Dengan mengenal ciri phising tersebut dapat untuk menghindarinya, sehingga tidak mudah untuk memberikan informasi dan data yang sensitif. Selain itu Anda juga bisa meningkatkan keamanan akun, email, dan cara lainnya agar bisa terhindar dari modus penipuan ini. Seperti dengan menggunakan OS dan aplikasi yang update, menghindari menggunakan aplikasi dan software bajakan, serta tidak sembarangan mengklik tautan utamanya dari pihak yang tidak dikenal.

Selain itu ketika menjadi korban penipuan phising ini juga bisa untuk melaporkannya segera agar bisa membuat tidak banyak korban lainnya. Cara melaporkan penipuan online tersebut bisa dengan banyak cara. Termasuk bagi nasabah bank BCA bisa untuk melaporkannya ke Halo BCA yang dapat untuk membantu memblokir rekening penipu ketika rekening Anda terkuras dan ditransfer ke rekening lainnya tanpa ijin. Laporkan juga penipuan tersebut tentunya ke kantor polisi terdekat untuk penanganan lebih lanjut kasus phising yang Anda alami.

Sumber Bacaan : https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2022/04/11/04/19/hati-hati-penipuan-online-ini-cara-melaporkannya

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours